Minggu, 28 September 2008

Dream Airlines



Sebenarnya masih banyak strategi marketing yang bisa diterapkan maskapai penerbangan nasional. Harga tiket yang murah memang menarik, tetapi setelah semua maskapai penerbangan juga menawarkan tiket murah, menyebabkan nya menjadi sesuatu yang biasa. Jadi saat ini yang harus dipikirkan adalah bagaimana menjadi maskapai favorit konsumen melalui differensiasi.

Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan. Yang pertama yaitu mencari endoser dari kalangan selebriti misalnya Sandra Dewi Selain akan dijadikan bintang iklan, juga akan dilibatkan dalam pembuatan sinetron atau film layar lebar, bercerita mengenai dunia penerbangan yang pembuatannya bekerjasama dengan pihak production house. Tentu Sandra Dewi jadi pemeran utamanya dan berperan menjadi pramugari salah satu maskapai penerbangan. Sinetron atau film seperti ini belum ada sebelumnya, karena itu pasti akan menyedot perhatian banyak orang.

Membangun komunitas online juga strategi yang efektif dan ini bisa segera mewujudkan, dengan berkerjasama dengan komunitas peminat dunia penerbangan seperti Indoflyer
( http://www.indoflyer.net/forum ). Disanalah tempat berkumpulnya orang-orang yang berminat dengan dunia penerbangan. Disana pihak maskapai penerbangan bisa membuka satu section, untuk menerima saran atau complain dari konsumen. Setiap complain harus segera di respond dan tindaklanjuti. Selain itu bisa mengadakan kuis berhadiah suvenir, tiket gratis dll bagi member forum, bisa juga mensponsori pembuatan add on berupa repaint pesawat dan scenery untuk bisa di download gratis oleh member. Adakan juga kegiatan seperti, terbang gratis keliling Jakarta atau ke daerah dengan pesawatnya dan membawa para member mengunjungi simulator pesawatnya. Kesempatan langka seperti ini, pasti akan mendapatkan respond baik dari para member.

Untuk catering, bisa kerjasama dengan beberapa restaurant. Pihak restaurant sponsori catering dan mereka mendapatkan iklan gratis juga kupon diskon untuk promo produknya, di inflight magazine. Jadi harga tiket murah bukan berarti tak bisa makan enak. Strategi-strategi tersebut belum pernah diterapkan maskapai penerbangan nasional. Jadi bagi maskapai yang pertama menggunakan startegi ini, pasti akan menjadi pusat perhatian.

© Herywan 2008

Tidak ada komentar: