Minggu, 28 September 2008

Copy & Rent




Nonton film di bioskop ataupun dari VCD/ DVD telah lama menjadi kegemaran masyarakat kita, termasuk saya. Biasanya saya lebih suka menyewa VCD / DVD dari rental store seperti Ultradisc, Odiva dll karena lebih praktis dan murah. Setelah saya amati ternyata ada beberapa kekurangan pada sistem penyewaan rental store tersebut.

1. Pada saat beredarnya film baru banyak film tersebut yang keluar / disewa, jadi pelanggan yang tak kebagian harus bersabar menunggu sampai film tersebut dikembalikan.
2. Kadangkala ada beberapa scene di VCD /DVD yang rusak, ini disebabkan oleh goresan di VCD/DVD, walaupun pihak rental mengatakan bisa ditukarkan dengan film lainnya tapi rasanya segan karena merepotkan.

Saya mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah diatas yaitu dengan menerapkan sistem “ Copy & Rent “ yaitu dengan cara film VCD/DVD di copy ke DVD-/+ RW dalam format image seperti iso, nrg, mds atau format image lainnya.

Caranya semua film VCD/DVD di copy ke dalam hardisk komputer, setiap film di copy dalam bentuk file image dan dimasukkan folder yang diberikan judul masing-masing film. Untuk membuat file image bisa mengguakan software Alcohol 120%, Nero atau freeware pembuat image lainnya yang bisa digunakan tanpa biaya .Untuk film yang mau disewa pelanggan pihak rental tinggal cari di komputer dan copy file image film itu ke DVD-/+ RW pelanggan. Biasanya dalam satu DVD-/+ RW bisa memuat empat film VCD. Cara tersebut bisa juga diterapkan untuk film DVD.

Setelah sampai ke rumah pelanggan tinggal copy semua file image tersebut ke komputer / laptop milikinya kemudian jalankan dengan software virtual drive seperti Alcohol120%, Nero atau freeware virtual drive lainnya. Jika mau menonton di VCD/DVD player juga bisa copy file image tersebut ke CD-RW atau DVD-/+ RW, cara ini biasanya di sebut Burn Image. Untuk kapasitas yang lebih besar bisa menggunakan media Blu-Ray RE pada saat drive dan media Blu-Ray harganya sudah terjangkau.

Jika dimungkinkan sistem ini bisa diterapkan pada vending machine dengan menciptakan Video Rental Vending Machine yang bisa copy film VCD/DVD dengan sistem pembayaran malalui kartu kredit, kartu debit atau member card. Vending Machine ini bisa ditempatkan di mall, area perumahan dan tempat lainnya.

Sistem “ Copy & Rent “ ini tentunya akan lebih praktis dan memberi kemudahan bagi pelanggan. Tentu untuk menerapkannya pihak rental harus berkoordinasi dulu dengan produsen VCD/DVD karena ini menyangkut masalah Hak Cipta.

© Herywan 2008

Tidak ada komentar: