Minggu, 21 Oktober 2007

Label Promosi



Label promosi adalah suatu konsep advertising baru yaitu advertising melalui label botol AMDK ( air minum dalam kemasan ).

Konsep ini cukup sederhana nantinya perusahaan-perusahaan yang berminat mempromosikan produk dengan melalui label promosi ini harus membayar biaya cetak label tersebut dan mendistribusikan ke perusahaan AMDK atau bisa juga dengan membayar biaya kepada perusahaan AMDK untuk iklan yang dimuat dalam label AMDK tersebut. Konsep ini bisa meningkatkan profit perusahaan AMDK. Label promosi ini sesuai digunakan untuk botol ukuran 600 ml, 1.5 Liter, 2 Liter dll. Khususnya botol ukuran sekitar 600 ml yang mudah dibawa.

Label promosi ini penyebarannya lebih luas daripada brosur karena air minum dalam kemasan ada dijual dimana-mana sedangkan brosur hanya ada ditempat tertentu saja seperti brosur promosi handphone cuma ada di toko handphone. Ini berbeda dengan air minum dalam kemasan yang dijual pada banyak tempat dan karena penyebarannya sangat luas jadi sangat sesuai dijadikan media promosi dan bisa dijadikan media promosi alternatif selain brosur selain itu ada kebiasaan konsumen AMDK di Indonesia ataupun di luar negeri yang mengguna ulang botol AMDK untuk digunakan mengisi minuman dengan label masih merekat pada botol. Dari semua botol AMDK itu sebagian ada yang dibuang setelah minumannya dikonsumsi dan ada sebagian lagi yang diguna ulang oleh konsumen. Jadi botol AMDK itu sangat sesuai dijadikan media promosi.

Kelebihan lain dari label promosi ini, kita bisa memberlakukan hak ekslusif bagi perusahaan yang berpromosi yaitu hanya diizinkan sejenis produk dipromosikan menggunakan label ini dalam jangka waktu tertentu. Misalnya Nokia mempromosikan produknya melalui label botol AMDK merk “ X “ selama satu tahun. Selama waktu itu tak diizinkan perusahaan handphone lain mempromosikan produknya menggunakan label promosi ini di label AMDK “ X “ dan label air minum dalam kemasan merk lainnya kecuali jika produk yang mau dipromosikan itu berlainan jenis. Jadi nantinya di label AMDK “ X hanya ada iklan produk dari Nokia saja.

Tetapi bagi perusahaan-perusahaan yang produknya berlainan jenis bisa berpromosi menggunakan label promosi ini secara bersamaan misalnya selama satu tahun perusahaan-perusahaan dengan brand seperti Nokia, Toyota, Toshiba, Yamaha berpromosi melalui label AMDK ” X “. Ini karena produk perusahaan-perusahaan tersebut berlainan jenis. Inilah kelebihan yang tak terdapat pada media promosi lainnya seperti di TV, koran, majalah, brosur dll.

Pemberlakuan hak ekslusif ini memungkinkan karena konsep label promosi ini dilindungi Hak cipta / Copyright maka pemilik Hak cipta / Copyright inilah yang berhak mengizinkan perusahaan mana saja yang boleh menggunakan konsep ini dan dia juga berhak untuk menentukan aturan mainnya. Jadi bagi perusahaan-perusahaan yang mempromosikan produknya melalui label promosi tak akan menjumpai produk kompetitor. Cara inilah yang akan memudahkan konsumen fokus pada produk yang dipromosikan.

Nantinya pada label promosi ini selain iklan juga bisa disertakan promo kuis sms yang hadiahnya berupa produk yang dipromosikan itu dan biaya hadiah dan cetak label akan di recover dari kuis sms ini.

Sekarang inikan hampir semua label botol AMDK memiliki warna dan bentuk yang hampir sama.Di supermarket biasanya rak untuk softdrink dan AMDK dipisahkan dan jika hanya ada satu merk AMDK yang label botolnya berbeda dari yang lainnya pasti akan menarik perhatian konsumen dan tujuan utama iklan itukan menarik perhatian. Seandainya labelnya ada iklan mobil, konsumen yang melihatnya pasti mengira merk AMDK ini mengadakan kuis undian yang berhadiah mobil, tapi kuis undian seperti itu bisa saja diadakan melalui kuis sms yang hadiahnya disponsor oleh pemasang iklan seperti disebutkan diatas. Demikian pula dengan iklan produk lainnya, semua pemasang iklan mengadakan kuis sms yang berhadiah produknya masing-masing dengan demikian perusahaan AMDK, pemasang iklan dan konsumen semuanya diuntungkan.

Konsep label promosi ini bisa diterapkan pada semua merk AMDK yang penting merk AMDK tersebut mudah didapat di pasaran ( supermarket / toko).



Tidak ada komentar: