Senin, 08 Oktober 2007

Honda vs Yamaha vs Suzuki vs Kawasaki


Saya perhatikan ada yang menarik dari iklan speda motor akhir-akhir ini di TV. Iklan Honda yang membosankan, Yamaha yang kocak, Suzuki yang tak lucu dan Kawasaki yang kekanak-kanakan. Pertama mari kita perhatikan iklan Honda yang ternyata dari dulu sampai sekarang iklan nya terkesan biasa-biasa saja jadinya jangan heran kalau posisi mereka sampai digeserkan oleh kompetitor dan seperti pihak Honda kehabisan akal bagaimana membuat suatu iklan yang menarik bisa kita lihat dari iklan yang biasa saja walaupun Honda sudah memasang Agnes Monica untuk mempromosikan Vario tetap terkesan tak ada yang istimewa apalagi untuk iklan motor bebeknya yang nggak ada apa-apanya. Dengan meminta selebriti populer seperti Agnes Monica tentu mereka sudah mengeluarkan biaya yang tak sedikit tapi sayangnya kelebihan ini tak dimanfaatkan secara maksimal. Lihat saja iklan Vario yang terkesan membosankan dan Agnes Monica cuma disuruh mengendarai Vario, pose-pose dikit dan bilang " I'm Vario..." Kalau maunya dari awal cuma segitu lebih baik menggunakan model iklan saja yang biayanya lebih murah, ibarat beli komputer dengan prosesor Core2 Duo dengan spesifikasi high end seharga lebih 10 jutaan tapi hanya digunkakan untuk mengetik, jika kegunaanya hanya untuk mengetik, komputer kelas low end Celeron saja sudah lebih dari mencukupi. Honda seharusnya lebih agresif dalam menghadapi kompetitor sebelum semuanya terlambat dan tentunya harus dengan strategi jitu jika tidak, jangan-jangan seperti disebutkan dalam iklan Yamaha " Yang lain makin ketinggalan ". Masih syukur jika hanya ketinggalan, paling tidak masih ada kesempatan untuk mengejar ketertinggalan itu, kalau sampai dah tak kelihatan lagi gimana ? Sayoonara deh :o)

Dengan iklan Vario seperti itu tentu saja akan sulit bagi Honda untuk memenangi persaingan melawan Yamaha Mio yang sudah start duluan. Jika mau iklan produknya mendapat perhatian konsumen dan bisa meningkatkan penjualan harus membuat suatu iklan dan strategi marketing yang berbeda dari yang lainnya. Jadi apa yang bisa dilakukan Honda untuk Vario ? Untuk konsep secara detil tak akan saya ungkapkan disini.

Bagaimana dengan Yamaha ? Setelah Yamaha menduduki posisi teratas mereka semakin genjar berpromosi. Hampir setiap hari bisa kita lihat iklan Yamaha ditayangkan di TV dan sepertinya mereka berusaha untuk mempertahankan posisinya saat ini. Iklannya bervariasi tapi karena iklannya sering ditayangkan jadinya terkesan berlebihan. Apa ini disebabkan mereka paranoid, diliputi ketakutan yang berlebihan kemungkinan posisi mereka setiap saat bisa direbut kompetitor ? Lebih baik jika mereka mengurangi tayangan iklannya dengan memilih beberapa iklan yang dianggap menarik saja dan budget nya digunakan untuk sarana promosi lainnya atau mulai merencanakan suatu konsep promosi yang inovatif.

Baru-baru ini Yamaha mengeluarkan Mio Soul untuk pria dan berpasangan dengan Mio yang untuk wanita tapi bagaimana dengan Nouvo ? Kemarin saya meilhat salah satu iklan Yamaha di TV yang ada seorang waria bertanya " jadi punya ike yang mana ? "

Melihat penjualan Nouvo dipasaran yang masih kurang memuaskan mungkin bisa dicoba mengarahkan Nouvo untuk segmen waria.

Jika Mio hadir dengan tagline "Wanita Jangan Mau Ketinggalan" untuk Nouvo bisa dicoba dengan tagline "Waria pun Tak Mau Ketinggalan". Dengan begitu keluarga sepeda motor matic Yamaha menjadi lengkap, ada untuk pria, wanita dan waria :o)

Saya yakin dengan mempromosikan Nouvo untuk waria tak akan menjatuhkan image Yamaha dan saya yakin nantinya pasti akan jadi perbincangan dimana-mana. Waria juga manusia kan ?

Diantara semua iklan sepeda motor di TV saat ini iklan Suzuki Smash yang paling parah karena terkesan dibuat-buat dan tak lucu . Kelihatan sekali mereka berusaha mengikuti jejak yang dilakukan Yamaha tapi terkesan dipaksakan dan dibuat-buat. Pada umumnya jika suatu produk tak beriklan di TV atau media lainnya maka produk tersebut akan jarang dicari konsumen dipasaran apalagi membelinya. Begitu pula untuk iklan yang jelek walaupun dilihat tapi tak banyak yang tertarik membeli produk yang di iklankan tersebut. Lebih baik Suzuki mencari endoser yang sesuai untuk mempromosikan produknya daripada jadi copycat tapi akan lebih baik lagi jika mereka melakukan suatu cara promosi yang belum pernah dilakukan kompetitor. Dengan menjadi yang pertama dan satu-satunya ini yang terpenting sebab nanti secara tak langsung akan membuat konsumen terfokus pada produk yang dipromosikan. Masih ada satu konsep yang belum pernah diterapkan oleh kompetitor dan mungkin bisa dicoba, siapa tahu bisa mendapatkan respon positif dari konsumen.

Terakhir mengenai iklan Kawasaki yang ada animasi motor yang jadi robot seperti " Transformers ". Sayangnya durasi iklan tersebut terlalu singkat dan sebaiknya durasinya bisa diperpanjang sedikit. Saya merasa iklan seperti ini hanya akan menarik perhatian anak-anak dan perlu di ingat target audiance iklan ini untuk orang dewasa, kan tak mungkin mengharapkan anak kecil beli motor tapi jika iklan ini bisa dipadukan dengan promosi below the line seperti roadshow akan lebih maksimal. Nantinya disana dipajangkan juga robot yang seperti dalam iklan yang diperbuat dari bagian-bagian motor Kawasaki dengan demikian pasti tak hanya akan menarik perhatian anak-anak tapi juga orang dewasa, bisa-bisa masuk berita TV.

Sampai disini dulu tulisannya nanti akan saya lanjuti lagi dengan topik baru. Saya tunggu komentarnya.


12 komentar:

Radian 'Jawa' Kanugroho mengatakan...

Maaf, tapi saya kali ini mau mengkritik anda,
Anda bukan orang iklan, ya?

Apalagi ngomongin masalah konten dan durasi. :p

1. Durasi iklan TV (TVC) Fix ada 3 jenis : 15 secs, 30 secs dan 1 min. Masing-masing ada harganya sendiri, berbanding dengan jam pemutaran. Harga 30 secs di jam 7 - 10 malem, senin - Jumat di RCTI mencapai 36 - 45jt/pemutaran.
2. Makin menggunakan artis terkenal, artinya keakurasian target pesan semakin perlu diragukan
3. Iklan itu TIDAK menjual, melainkan hanya Melekatkan produk di kepala masyarakat. :)

Anonim mengatakan...

tau nie,,ngawur nulisnya
sebenernya anda nulis pake dasar ga sih,pake ilmu ga sih
nulis asal aja!

Anonim mengatakan...

yang transformer itu iklan bajaj tau?!

Anonim mengatakan...

ah artikel gila!

Anonim mengatakan...

Eiyy emank iklan honda paling mbosenin, tapi iklan yang apa yang menentukan baik ato buruknya suatu produk?
honda tu professional di berbagai teknologi, mulai dari motor, mobil, speedboat hingga robot.
Robot juga pro apalagi motor..

Anonim mengatakan...

lucu sih

Tikotok Dilebuan mengatakan...

Bisa nyesatin orang tuh, kalo gk pke dasar pngetahuan.. :P

Unknown mengatakan...

Orang yg buat iklan yamaha,honda,suzuki,kawasaki tuh..orang pinter. Klo orang bodoh tuh bisanya ngomong doang..nga bisa berbuat apa2..cuma bisa mencela.

Unknown mengatakan...

Orang yg buat iklan yamaha,honda,suzuki,kawasaki tuh..orang pinter. Klo orang bodoh tuh bisanya ngomong doang..nga bisa berbuat apa2..cuma bisa mencela.

Unknown mengatakan...

huuhhhhh eehh kepo banget LOHHH !!!
kritik mu tentang produk tuh parah

Bakung mengatakan...

Parah ne orang, ga masuk akal. . .!!!!!

Unknown mengatakan...

Timbang nganggur coba tawarkan solusinya